International Culture Camp in Thailand 2018

ITCC 2018

Latar Belakang

Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang International Thai Culture Camp ke-15 tahun 2017, kini Ruang Bahasa kembali membuka kesempatan bagi putra/i Indonesia mengikuti The 16th International Thai Culture Forum di Universitas Chulalongkorn.

Selama mengikuti camp peserta diharapkan dapat:

  1. Melakukan kontak dengan komunitas mahasiswa khususnya bidang seni terapan, ilmu-ilmu sosial dan kajian Asia Tenggara untuk memperluas jaringan pertemanan yang kelak akan berguna bagi pengembangan karir.
  2. Memperkaya pengalaman dan portfolio diri khususnya bidang seni budaya.
  3. Terhubung dengan unit kegiatan mahasiswa/student board Universitas Chulalongkorn dan mahasiswa/i asing lainnya untuk saling bekerjasama di masa mendatang.

DSC_3730

Aktivitas

Public Performance adalah agenda utama festival kali ini yang mewajibkan peserta terlibat aktif baik sebagai penampil ataupun staf pendukung artis. Tiap negara diwakili oleh berbagai universitas dan tim penari profesional undangan yang akan menampilkan berbagai pertunjukkan sesuai panduan dari panitia tuan rumah. Detail urutan dan panduan penampilan akan dibagikan dua minggu menjelang upacara penyambutan pada 25 Januari 2018.

P_20170120_174445

Culture Exchange akan diisi workshop kesenian di FAA CU. Peserta akan dipandu dosen FAA CU dan di waktu yang sama peserta diharapkan dapat menampilkan bentuk kesenian Indonesia dan mengajarkannya pada mahasiswa/i lokal sehingga terjalin pertukaran budaya kedua pihak.

P_20161021_103543

Tur Kampus dirancang agar peserta tidak sekadar melihat-lihat fasilitas yang ada di kampus CU tapi juga mengamati unit-unit kegiatan mahasiswa yang mendukung kehidupan kemahasiswaan. Para peserta diharapkan memperoleh informasi mengenai UKM (unit kegiatan mahasiswa) yang diminatinya dan membangun jejaring pertemanan dengan anggota UKM tersebut untuk kepentingan pembangunan UKM sejenis di kampus masing-masing. Tur kampus ini juga meliputi kunjungan ke perpustakaan dan fasilitas pendukung lainnya serta diskusi mengenai peluang studi lanjutan (pascasarjana atau pelatihan singkat) di CU.

Ekskursi Budaya peserta diberikan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat wisata populer yang berhasil mendulang devisa bagi Thailand. Selama kunjungan peserta diharapkan mengamati bagaimana pemerintah setempat melalui lembaga urusan turisme mempromosikan dan mengelola tempat tersebut.

DSC_3965

Waktu dan Tempat

Tanggal : 18  – 23 January 2017

Tempat  : Faculty of Fine and Applied Arts – Chulalongkorn University

Peserta  : 35 mahasiswa/i dari berbagai universitas di Indonesia dan 2 orang panitia dari Ruang Bahasa (bersama 150 mahasiswa/i lain dari berbagai negara partisipan)

Biaya

Keikutsertaan program ini dibiayai secara mandiri oleh peserta terpilih. Panitia akan membantu peserta jika ingin mengajukan pembiayaan atau sponsorship dari kampus/sekolah/perusahaan yang dikehendaki. Biaya program ITCC 2018 adalah 380 USD dibayarkan dalam Rupiah sesuai kurs jual Counter/TT BCA pada saat pembayaran atau senilai Rp 5.130.000 pada kurs Rp 13.500/dollar. Biaya tersebut meliputi penginapan, transport, konsumsi dan perlengkapan selama program tanggal 24 – 29 Januari 2018. Biaya tidak termasuk tiket penerbangan PP Indonesia-Thailand.

Penutup

Program ini juga terbuka untuk mahasiswa/i diluar peserta kursus Ruang Bahasa agar mereka mendapat pengalaman berharga berinteraksi langsung dengan masyarakat dan negara kajiannya. Selain memperoleh pengetahuan dan gagasan baru diharapkan kemandirian, kecakapan sosial, kepercayaan diri dan jejaring pertemanan akan bertambah untuk menunjang karir di masa depan.

Kontak

PT.Ruang Bahasa Internasional – Office Suite A529 Mall Epicentrum Walk Lt.5

Rasuna Epicentrum CBD, Jl.H.R.Rasuna Said Jakarta 12940

Tel +62 21 568 2703 | Whatsapp/SMS 0858-112-64236 | excursion@ruangbahasa.com